Track HotWheels, Hadiah Kesembuhan Untuk Zayed…

Hai, kali ini saya menulis di rumah sakit. Iya, jadi anak saya satu-satunya opname sejak kemarin. Zayed mempunyai riwayat sakit perut dan muntah-muntah. Dokter menyebut penyakitnya dengan Gastritis.

Gastritis adalah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Berdasarkan jangka waktu perkembangan gejala, gastritis dibagi menjadi dua, yaitu akut (berkembang secara cepat dan tiba-tiba) dan kronis (berkembang secapa perlahan).

Gastroenteritis atau infeksi mikroorganisme yang terjadi pada sistem pencernaan, juga dikenal dengan istilah stomach flu. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa diare, demam, dan sakit perut.

Yang Zayed alami adalah gastritis tipe akut yang berkembang dengan cepat. Awalnya, Zayed bangun pukul 02.00 WIB pagi kemudian berlari ke kamar mandi dan muntah banyak sekali, namun setelah itu kembali tidur dan bangun pukul 06.00 WIB pagi. Seperti biasa, pagi kemarin Zayed selalu minum susu sebelum berangkat ke sekolah. Saat meminum susu Zayed kembali muntah. Pun saat memakan sarapannya, baru satu suap masuk mulut sudah muntah lagi.

Saya memutuskan agar Zayed istirahat saja dirumah, masuk angin mungkin. Selang berapa saat Zayed kembali muntah, pun hanya sekedar minum air putih saja tetap muntah. Gastritis berkembang cepat dan membuat tubuh Zayed lemas.

Muntah-muntah berlangsung sampai sore hari, akhirnya saya membawa Zayed ke Dokter Specialis Anak di kota. Sesampainya di Klinik, Zayed langsung ditangani dokter dan segera di-infus agar tidak dehidrasi. Dan disinilah kami saat ini, dalam ruangan ukuran 5x4m sedang berikhtiar mengharapkan kesembuhan.

Zayed saat diperiksa oleh Dr. Nia

Bagi pejuang LDM seperti saya, kondisi anak sakit adalah hal yang paling tidak menyenangkan. Meski terbilang sudah terbiasa sendiri menjaga anak di RS namun tidak bisa dipungkiri rasa cemas dan panik selalu membayangi. Saya ingin berbagi tips ketika menghadapi anak yang muntah-muntah, ya semacam pertolongan pertama pada anak yang terkena gastritis-lah.

  1. Hal yang pertama adalah berusaha untuk tidak panik, ambil jeda untuk tarik nafas panjang dan hembuskan perlahan, jangan lupa sambil berdoa memohon kekuatan dan berharap pada kesembuhan ya.
  2. Yang kedua adalah kenali penyebab muntah pada anak. Muntah biasanya disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah adanya gangguan makan seperti anoreksia. Bisa juga karena gastritis, infeksi saluran air kecing, jatuh dari tempat tinggi, vertigo dan lainnya. Mengenali penyebab muntah pada anak dapat mempermudah penanganan penyembuhannya.
  3. Setelah muntah, gantikan anak dengan pakaian bersih, mudah menyerap keringat dan longgar. Istirahatkan dari makanan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu berikan anak minum air putih sedikit demi sedikit, hindarilah memberikan susu atau makanan dan minuman yang mengiritasi lambung.
  4. Mengkompres bagian ulu hati dengan air hangat mampu mengurangi rasa tidak nyaman setelah muntah. Usahakan anak tidak tidur telentang setelah muntah, guna menghindari muntah susulan agar tidak masuk ke dalam saluran pernafasan.
  5. Poin kelima adalah sebaiknya jangan memberikan obat anti muntah selain dari anjuran dokter. Ini menurut saya penting banget. Saya pernah memberikan obat anti muntah yang saya beli di apotik untuk Zayed, bukan meredakan muntah, obat tersebut ternyata membuat muntah makin parah karena saya tidak tau dosis yang tepat dan juga apakah Zayed alergi terhadap obat itu. Sumpah, rasanya nyesel bertubi-tubi.

Lima poin diatas bisa banget diterapkan jika anak mengalami muntah. Terus pantau perkembangan anak pasca muntah, dan segeralah ke dokter bila muntah terus berlangsung selama 24 jam atau anak sudah tidak mentolerasi makanan atau minuman apapun. Apalagi jika anak sudah terlihat lemas dan dehidrasi, itu pertanda bahwa harus segera dirujuk ke rumah sakit.

Anak adalah hal yang paling berharga dalam hidup saya. Satu-satunya yang bisa menerima saya apa adanya. Saat cantik habis dandan, atau jelek bangun tidur dengan iler kemana-mana (iyuehh..) saat saya senang Zayed selalu ikut tersenyum dan tertawa bersama, dan saat saya sedih Zayed selalu setia menemani dan memeluk saya dengan penuh kasih.

Zayed saat menyantap es krim kesukaan di salah satu cafe Yogyakarta

Jika ada yang bertanya “Siapakah yang paling saya cintai?” Tanpa ragu saya akan menjawab dengan “Zayed, anak saya”. Bagi saya, Zayed adalah bagian dari diri yang menjadi seluruh kehidupan saya. Zayed adalah nafas dan nadi, satu-satunya hal yang tidak bisa saya lepaskan dalam hidup. Zayed adalah kekuatan sekaligus kelemahan yang saya miliki.

Seribu alasan tidak akan pernah cukup untuk menjawab mengapa saya begitu mencintainya. Melihat matanya, mendengar celotehnya bahkan rengekan tangisannya saja bisa membuat saya terus cinta kepadanya. Alhamdulillah, Zayed tumbuh dengan penuh kasih di hatinya. Gusti memang Maha Baik, Dia memberikan malaikat kecil yang selalu sedia menghapus air mata dan selalu melukiskan senyuman di bibir saya.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Zayed adalah sumber kekuatan sekaligus kelemahan. Saya merasa sangat lemah jika mengalami kondisi seperti ini. Zayed sakit, apalagi harus opname. Sulit untuk saya tuliskan rasa sakitnya melihat anak disuntik, diinfus dan segala rangkaian test guna mengobservasi penyakitnya. Saya ingin menangis sekuatnya, namun saya juga harus kuat untuk tidak menitikan air mata di depan Zayed. Saya harus kuat.

Jika boleh ditukar, biarkan rasa sakitmu Bunda yang menanggung Nak. Namun kita bisa apa, kita hanya manusia yang terus menjalani takdir hidup. Susah dan senang, sehat dan sakit. Yang bisa Bunda lakukan adalah terus mengupayakan kesembuhanmu.

Selain alergi kedelai, Zayed juga alergi dengan debu. Nah, makanya saya suka rewel tidak memperbolehkan anak bermain diluar rumah karena diluar sana banyak debu-debu yang bisa membuatnya sakit. Saya lebih senang jika Zayed bermain dirumah bersama teman-temannya. Sore hari biasanya beberapa teman sering datang untuk sekedar bermain mobil-mobilan atau menyusun lego.

Sejak berusia setahun, Zayed menyukai dan mengkoleksi HotWheels. Barang yang selalu ia inginkan adalah track Hotwheels. Sebenarnya kami punya satu track Hotwheels, namun sudah rusak. Jadi setiap ada kesempatan Zayed membeli mainan, ia selalu meminta untuk dibelikan track HotWheels. Namun karena saya belum mampu membelikannya lagi, maka saya selalu mencari 1001 alasan untuk tidak membelinya. Maaf ya Nak, kondisi keuangan keluarga kita belum stabil. Doakan semoga cepat bisa terwujud ya, amin.

“Bunda, kalau Zayed sembuh nanti beli track ya…?”

Sudah menjadi kebiasaan bagi keluarga, setiap sembuh dari sakit pasti diberi hadiah untuk penyemangat dalam masa pemulihan. “Iya nanti kalau uangnya cukup dan bayar rumah sakitnya gak bengkak ya Nak” Saya hanya bisa menjawab semampunya dan tidak menjanjikan untuk membelikan track HotWheels.

Di waktu senggang kala Zayed tertidur, saya menyempatkan diri untuk membuka sosial media, sekedar cek email atau notif facebook. Saat membuka facebook, saya melihat postingan salah satu teman yang baru saja membelikan track HotWheels baru untuk anaknya via Elevenia. Eh diskon pula, cocok nih untuk Mamah muda modis (Modal diskon) seperti saya, xixi.

Iklan Track HotWheels diskon di elevenia.co.id

Ternyata banyak sekali pilihan track hotwheels, elevenia memang e-commerse paling lengkap dan  banyak memberikan diskon, syuka deh! Setelah memilih dengan bingung sampai pegangan pinggiran tempat tidur (haha lebay) akhirnya saya pilih Track Racing Loop 3 Jalur. Harganya yang paling pas dengan keadaan sekarang ditambah potongan harga, ya oke saya tidak bisa ke lain hati.

Zayed tidur pulas

Mata saya kembali memandang malaikat tanpa sayap yang tertidur pulas dan membayangkan betapa bahagianya besok kalau Zayed mendapat hadiah kesembuhan track yang sudah lama diinginkan. Cepet sembuh ya Nak, biar kita bisa main hotwheels di track-nya sampai puas.

Untuk Zayed tersayang,

Maafkan Bunda yang mungkin selalu menunda keinginanmu akan sesuatu. Percayalah Nak, bahwa rejeki, apapun itu bentuknya selalu datang tepat pada waktunya. Tidak lebih dulu dan juga terlambat. Track Hotwheels ini adalah hadiah kesembuhanmu besok. Tapi ingatlah Nak, jangan terlalu lena dengan permainan ya, Zayed juga harus banyak belajar di rumah dan di sekolah.

Meski sederhana, meski harganya terbilang murah ditambah diskon pula, namun hanya ini yang mampu Bunda berikan saat ini. Makanya nabung Nak, biar bisa beli pakai uang sendiri, xixi mamak ogah rugi ini namanya.

Penuh cinta selalu, cepat pulih ya kesayangan Bunda, muach…

Tulisan ini diikut sertakan dalam
Lomba Blog 2017 Cerita Hepi Elevenia
wish me luck ya

2 Comments

  1. akibat memakai lensa kontak

    June 19, 2017 at 1:49 pm

    terima kasih telah berbagi informasi Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, saya merasa bertambah wawasan semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

  2. akibat memakai lensa kontak

    June 19, 2017 at 2:34 pm

    terima kasih telah berbagi informasi Mas, senang sekali rasanya membaca tulisan2 di blog ini, jadi tambah wawasan.. semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

Leave a Reply